Minggu, 05 Agustus 2012

Gudang Selatan, Rel Kereta Api dan Aceh 56




64. Gudang Selatan. Mungkin bagi sebagian orang, gudang selatan itu kaya rumah hantu karena seperti bangunan lama tak bertuan. Tapi karena aku lahir dan besar berhadapan dengan Gudang Selatan, bagiku bangunan tua di depan rumahku itu seperti gudang inspirasi yang ga bisa aku dapetin di tempat lain. Waktu kecil aku pernah melihat hantu di situ dan gudang selatan juga berarti hukuman, karena kalau nakal aku bisa di kurung di Gudang Selatan (meski itu tidak pernah terjadi). Agak besar, Gudang Selatan adalah cerita yang selalu menimbulkan rasa penasaran, jika ada kesempatan masuk ke dalamnya, aku dan teman-teman akan menelusuri ruang-ruang kosong yang dibangun Belanda sekitar tahun 1930-40an itu. Rel kereta di dalamnya, barak-barak kosong dan menggemakan suara, bermain di halaman Gudang Selatan, rasanya seperti kisah Lima Sekawan berpetualang di kastil-kastil Pulau Kirin. Aku pernah menuliskan pengalaman tinggal di daerah ini di sini dan di sini.


65. Rel Kereta Api. Rel buatku seperti garis cakrawala, semakin di telusuri ujungnya semakin menjauh. Rel kereta api adalah bagian penting dari hidupku, karena rumah tempat tinggalku sejak aku bayi sampai sekarang ada berhadapan dengan Rel kereta api (depan Gudang Selatan). Banyak cerita yang mewarnai hidupku, permainan masa kecil, berhubungan dengan Rel Kereta Api. Mungkin itu sebabnya aku lebih senang melakukan perjalanan dengan kereta api daripada bus atau mobil. Aku suka bunyinya. Aku suka rel kereta api saat basah tersiram hujan. Aku suka kesunyiannya tergilas roda kereta api di tengah malam yang pekat.


66. Aceh 56. Sejak tobucil pindah ke Jalan Aceh 56, aku merasa tempat ini membawa banyak sekali inspirasi dan energi positif. Terutama halamannya depannya. Pohon-pohon dan tanaman-tamanannya itu loh.. kalau lagi bosen, nongkrong aja di halaman deket kolam ikan, di bawah pohon rambutan sambil ngopi arabika.. mmm... Daerah di sekitar jalan Aceh (dari markas KODAM III/Siliwangi sampai Taman Pramuka) ini adalah ruang bermainku sejak aku kecil. Ketika tobucil pindah ke sini, rasanya seperti kembali ke tempat yang sangat akrab dan aku kenali.

0 komentar:

Posting Komentar